12 Tips Aman Dan Nyaman Perjalanan Mudik Lebaran Selamat Sampai Tujuan

Suasana lebaran Idul Fitri sudah makin dekat terasa, momen yang ditunggu – tunggu untuk berkumpul bersama keluarga besar di kampung adalah tradisi turun temurun yang di lakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri tiba.

12 Tips Aman Dan Nyaman Perjalanan Mudik Lebaran Selamat Sampai Tujuan


Perjalanan saat mudik lebaran yang panjang dan pastinya ramai, menjadi hal yang perlu kita perhatikan untuk menghadapinya. Potensi kelelahan saat berkendara menjadi faktor penting untuk anda selamat sampai tujuan. Perhatikan terlebih dahulu kendaraan ( Motor atau Mobil ) anda sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran.

Untuk itu, sebelum sahabat melakukan perjalanan mudik saat lebaran, ada bagus nya terlebih dahulu sahabat memperhatikan tentang 12 tips aman dan nyaman perjalanan mudik lebaran selamat sampai tujuan.

12 Tips Aman Dan Nyaman Perjalanan Mudik Lebaran Selamat Sampai Tujuan
1.    Tentukan Hari Keberangkatan Mudik

Sebelum sahabat melakukan perjalanan mudik lebaran, yang pertama kali anda persiapkan adalah menentukan hari keberangkatan nya. Hal ini tentu akan mempermudah seluruh keluarga yang hendak melakukan perjalan mudik untuk bersiap – siap jauh sebelum hari H tiba. Jangan samapi ada salah satu keluarga anda belum mempersiapkan segala sesuatu nya karena tidah tahu kapan hari keberangkatan mudik dilakukan.

2.    Mencari Informasi Tentang Jalur Mudik Yang Aman

Perjalan mudik anda akan terasa lebih asik jika terlebih dahulu anda mencari tahu tentang jalur mudik yang aman. Untuk mencari informasi tentang jalur mudik yang aman, anda tidak harus keluar rumah dan bertanya – Tanya kepada orang tentang jalur mudik yang aman. Perkembangan alat teknologi sekarang ini mempermudah untuk kita mencari informasi tentang apapun, tak terkecuali tentang jalur mudik yang aman. Maksud nya aman disini adalah, aman dari kemacetan, aman jalur nya dari bencana alam seperti longsor dan lain – lain.

3.    Cek Daftar Barang Yang Hendak Dibawa
Persiapkan dari jauh – jauh hari daftar barang yang hendak di bawa. Bawa yang penting – penting saja. Bila perlu, sebelum nya bikin daftar barang yang mau dibawa. Periksa kembali daftar barang sebelum anda berangkat mudik lebaran.

4.    Periksa Kondisi Kendaraan Bermotor Anda
Kondisi kendaraan yang tidak layak jalan bila dipaksakan di bawa akan menghambat perjalanan anda saat mudik lebaran. Periksa terlebih dahulu kondisi kendaraan anda mulai dari funsi rem, lampu, ban, klakson dan kondisi mesin kendaraan. Jika setelah semua kondisi kendaraan pastikan berfungsi dengan normal dan jangan sampai lupa untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan, jangan sampai kendaraan anda mogok dijalan karena kehabisan bahan bakar.
 
5.    Periksa Perlengkapan Kendaraan Bermotor Anda

Keadaan jalan mudik yang tidak memungkinkan, tidak menutup kemungkinan terjadinya masalah pada kendaraan bermotor anda. Jalan bergelombang, menanjak dan menurun serta berliku – liku membuat kerja kendaraan bekerja lebih keras. Untuk itu, ada bagus nya jika anda memeriksa kembali perlengkapan kendaraan bermotor anda seperti, ban serep, dongkrak dan kunci kendaraan obeng min dan plus, tang, kunci pas dan kunci ring.

6.    Bawa Sparepart Cadangan Kendaraan Bermotor Anda

Pengalaman pribadai saya sendiri, saat arus mudik tiba banyak sebagian besar toko dan bengkel mobil dan motor tutup. Ini membuat saya kesulitan saat terjadi masalah pada kendaraan pribadi saya. Membawa sparepart cadangan kendaraan sangat penting dan diutama kan. Jika anda membawa sepedah motor saat mudik lebaran, bawalah cadangan busi, ban dalam dan tali kompling. Karena ketiga sparepart diatas sangat rentan terjadi masalah saat dalam perjalanan. Namun tidak ada salah nya, jika anda membawa perlengkapan yang lain – lain nya.

7.    Periksa Kelengkapan P3K

Perjalan mudik yang menempuh waktu yang cukup lama membuat kondisi badan anda letih, lesu dan sebagian juga anda yang mengalami mabuk perjalanan. Periksa kembali kelengkapan kotak P3K anda di kendaraan seperti, Antimo ( obat anti mabuk ), minyak angin, obat sakit kepala, dan obat sakit maag. Jika rasa sakit anda masih saja terasa setelah meminum obat – obatan yang di bawa, saya sarankan agar berhenti sejenak atau kunjungi layanan – layanan kesehatan yang tersedia saat arus mudik tiba.

8.    Membawa Bekal Makanan

Banyak sebagian besar masyarakat kita yang masih melakukan ibadah puasa saat melakukan perjalan mudik. Untuk itu, saya sarankan agar membawa bekal makan untuk berbuka puasa.

9.    Patuhi Rambu – Rambu Lalu Lintas
Mematuhi rambu – rambu lalu lintas yang ada menjadi menjadi penting di lakukan. Hal ini akan membuat perjalanan mudik anda menjadi aman dan nyaman. Jaga pula jarak kendaraan anda di batas aman, serta jaga pula laju kecepatan kendaraan anda.

10.    Beristirahatlah Sejenak Jika Merasa Lelah Dalam Perjalanan

Kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik saat lebaran idul fitri, kebanyakan disebabkan oleh supir atau pengemudi yang mengantuk. Untuk itu, beristirahatlah sejenak untuk sekedar bersantai sambil mendinginkan mesin kendaraan anda. Jika rasa lelah dan mengantuk anda sudah hilang, silahkan anda melajutkan perjalanan nya kembali.

11.    Hindari Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Hal ini berhubungan dengan keselamatan anda saat berkendara, banyak kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh hilangnya konsentrasi pengemudi saat menggunakan ponsel seluler. Saya sarankan agar memberikan ponsel anda kepada keluarga saat ada panggilan telepon dan sms yang berdering, saat anda mengemudi.

12.    Lain - Lain

. Periksa kembali kelengkapan surat – surat kendaraan
. Jaga kondisi tubuh, sebelum dan saat melakukan perjalanan mudik
. Gunakan helm sesuai standar nasional/SNI ( jika membawa sepeda motor )
. Pakailah jaket yang tebal dan bawalah mantel/jas hujan ( jika membawa sepeda motor )


Itulah 12 tips aman dan nyaman perjalanan mudik lebaran selamat sampai tujuan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk sahabat pembaca dimana pun anda berada. Semoga perjalanan mudik anda aman dan nyaman selamat sampai tujuan, “ Minal Aizin Walfaizin “ mohon maaf lahir dan batin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 12 Tips Aman Dan Nyaman Perjalanan Mudik Lebaran Selamat Sampai Tujuan

0 komentar:

Post a Comment